Beban Berat Qatar pada Laga Pembuka Piala Dunia 2022

ODIN99Gaming, Indonesia – Piala Dunia 2022 akhirnya akan segera dimulai. Minggu (20/11/2022) pukul 23.00 WIB, timnas Qatar akan menjalani laga pembuka melawan wakil Amerika Selatan, timnas Ekuador. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion Al Bayt.

Sejak Piala Dunia 2006, tuan rumah memang selalu berlaga pada partai pembuka. Itu terjadi karena FIFA mengubah satu aturan krusial, yakni juara bertahan tak lagi lolos secara otomatis. Itu berimplikasi pada perubahan aturan laga perdana yang sebelumnya selalu melibatkan juara bertahan.

Tim yang berstatus juara bertahan selalu menjalani laga pembuka Piala Dunia dari edisi Jerman Barat 1974 hingga Korsel/Jepang 2002. Adapun sebelumnya, tak ada aturan baku walaupun tuan rumah biasanya tampil pada laga pertama. Pengecualian terjadi di Piala Dunia 1930, 1938, dan 1954.

Menilik hasil laga yang dilakoni para tuan rumah sebelumnya, Qatar menanggung beban berat. Saat tampil pada laga pembuka, tuan rumah selalu terhindar dari kekalahan. Dalam 10 edisi, 7 kali tuan rumah menang dan 3 kali hanya memetik hasil imbang.

Dua Beban Lain Qatar

Beban bukan hanya itu. Sepanjang sejarah, tuan rumah juga tak ada yang kalah saat melakoni laga pertamanya. Itu berlaku dari Uruguay pada 1930 hingga Rusia pada 2018. Dari 22 tim yang berstatus tuan rumah -Piala Dunia 2002 punya 2 tuan rumah, hanya 6 yang memetik hasil imbang.

Tanda tanya besar ada pada timnas Qatar yang akan membuka Piala Dunia 2022. Pasalnya, inilah debut mereka di Piala Dunia. Itu jadi tantangan sekaligus beban tersendiri saat menghadapi Ekuador nanti. Bukan apa-apa, wakil Asia tak pernah punya debut apik di Piala Dunia.

Dari Hindia Belanda pada 1938 hingga Cina pada 2002, tak satu pun yang meraih kemenangan. Dari 11 wakil Asia, termasuk Israel dan mengeluarkan Australia, hampir semuanya mengalami kekalahan saat debut. Satu-satunya hasil bagus diraih Kuwait. Saat menjalani debut di Spanyol 1982, mereka imbang 1-1 dengan Cekoslowakia.

Jikapun ada hal yang melegakan bagi Qatar, mereka hanya akan menghadapi Ekuador pada laga pembuka nanti. La Tricolor tak punya rekor bagus di Piala Dunia. Dalam 3 partisipasi terdahulu, mereka hanya meraih 4 kemenangan dalam 10 laga. Sisanya, 1 kali imbang dan 5 kali kalah.

Tinggalkan komentar