Hugo Lloris Diam-Diam akan Ukir Rekor Baru di Piala Dunia

ODIN99Gaming, Indonesia – Bukan hanya Lionel Messi yang bisa membukukan rekor saat berlaga di final Piala Dunia 2022, Minggu (18/12/2022). Hugo Lloris pun demikian. Namun, ada syarat mahaberat yang harus dipenuhinya jika ingin membukukan rekor baru tersebut.

Tak tanggung-tanggung, Lloris harus membawa timnas Prancis menaklukkan timnas Argentina pada final nanti. Andai itu terjadi, Les Bleus akan kembali juara dan dia menorehkan sejarah baru sebagai kapten pertama yang 2 kali meraih trofi Piala Dunia. Empat tahun lalu, dialah orang pertama yang mengangkat trofi juara.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, sudah ada dua tim yang dua kali beruntun juara Piala Dunia. Italia jadi pionir dengan menjuarai edisi 1934 di tanah sendiri dan 1938 di Prancis. Berikutnya, ada Brasil yang menjadi kampiun pada 1958 di Swedia dan 1962 di Cile. Namun, sosok kapten selalu berbeda.

Saat juara Piala Dunia 1934, kapten Italia adalah kiper Gianpiero Combi. Namun, 4 tahun kemudian, ban kapten sudah disandang Giuseppe Meazza. Adapun kapten Brasil pada 1958 adalah Hideraldo Bellini, sedangkan pada 1962 berganti jadi Mauro Ramos. Pada kesempatan kedua, Combi dan Bellini sama-sama tak lagi ada di tim.

Rekor Lebih Mudah Hugo Lloris

Sebelum Hugo Lloris, sudah ada dua sosok yang hampir mengukir sejarah itu. Pertama, Diego Maradona yang dua kali mengantar Argentina ke final pada 1986 dan 1990. Namun, El Diez harus gigit jari pada kesempatan kedua karena La Albiceleste takluk 0-1 dari Jerman Barat yang empat tahun sebelumnya dikalahkan 3-2.

Sosok kedua adalah Carlos Dunga pada gelaran Piala Dunia 1998. Empat tahun sebelumnya, dia menjadi kapten Brasil yang mengangkat trofi juara setelah “mengudeta” Rai Oliveira. Di Prancis, Dunga ternyata mengulang kisah Maradona. Pada laga final, Brasil malah dibantai 0-3 oleh sang tuan rumah.

Sudah barang tentu, Lloris tak ingin mengulang kisah pahit Maradona dan Dunga. Namun, jikapun itu terjadi, dia masih bisa menyimpan satu kebanggaan. Pasalnya, ada satu rekor lain yang akan jadi miliknya. Bermain pada final nanti, dia akan jadi kiper dengan jumlah penampilan terbanyak di Piala Dunia.

Saat ini, berkat penampilan di semifinal melawan Maroko, Lloris sudah menyamai 19 penampilan milik kiper Jerman, Manuel Neuer. Menariknya, Neuer juga baru mengukir rekor itu. Tampil pada 3 laga fase grup, dia melewati 18 penampilan yang diukir Claudio Taffarel dan seniornya di timnas Jerman, Sepp Maier.

Tinggalkan komentar